Sabtu, 11 Mei 2013

Trend Dunia Teknologi 2013

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Dengan perkembangan besar teknologi yang terjadi pada kurun waktu 2012  tentunya di tahun 2013 akan muncul berbagai fenomena baru teknologi mutakhir yang lebih variatif. Secara khusus, berikut adalah trend IT yang menonjol dan akan booming pada tahun 2013.

·        Microsoft Reserch
Luar biasa, sebagaimana kita ketahui sekarang bahwa teknologi penerjemah memang sangat membantu, terutama dari lahirnya translate.google.com atau Bing translator yang saya kira sangat disukai oleh banyak pengguna internet. Kini muncul Microsoft Research yang mendemokan penerjemah secara realtime atau instan. Secara instan pidato bahasa inggris yang disampaikan diterjemahkan dalam bahasa mandarin melalui mesin atau sistem penerjemah Microsoft dan pidato yang didengar audiens pun tidak menggunakan suara orang lain atau suara mesin yang kaku dan aneh, sistem ini menghasilakn pidato atau perkataan seperti suara asli pembicaranya, maka pendengar seakan-akan  mendengar langsung dari pembicara aslinya.
            Demo ini memangmenunjukan kecanggihan teknolgi dan kecepatan perkembangan teknologi di masa kitasangatlah cepat dan sangat luar biasa. Rick Rashid, sang kepala Microsoft Research menggunakan teknologi ini pada saat beliau berbicara pada acara Asia’s 21st Century Computing di Tianjin, China belum lama ini.
            Akhirnya hasil para peneliti ini didemokan oleh Rich Rashid di hadapan kurang lebih 2000 siswa di China yang merespon dengan sorak-sorai walau sebenarnya masih ada kesalahan penerjemahan dan kadang kala ada yang licu.

·        Perangkat Mobile
Diprkirakan pengguna gadget mobile seperti telepon seluler dan komputer tablet untuk akses internet bakal melampaui komputer konvensional. Sekitar 80% akses internet dilakukan melalui ponsel, terutama yang berbasis Windows dan Android. Tak heran penjualanponsel-ponsel tersebut bakal nengungguli iPhone buatan Apple serta BlacBerry.
Di tahun ini Samsung akan luncurkan smartphone dengan layar flexibeldan yang pasti akan menjadi ponsel paling unik didunia.

·        App Store
Pada tahun 2013-2014 diramalkan aka nada 70 miliar softwere mobole yang bakal diunduh setiap tahun dari took-toko aplikasi online atau App Store. Pada periode yang sama, softwere tersebut tidak lagi digunakan secara individual melainkan oleh korporasi. Ini akan menjadi pasar yang sangat menggiurkan.

·        Windows 8
Memang tidak dipungkiri , banyak pengguna Windows tidak menggunakan crack/loader yang notabene lebih mudah dilakukan, disamping Windows 8 yang mahal untuk sebuak OS.
Salah satu kekurangan dari Windows 8 yang membuatnya lambat popular adalah usher interface-nya yang akan membingungkan. Dibandingkan dengan windows-windows sebelunya yang menggunakan paradigma ‘start’ sebagai menu atama untuk masuk program, windows 8 menghapus paradigma tersebut dan menggantinya dengan paradigma lain yang membuat para pengguna windows perlu usaha lagu untuk mempelajarinya,

·        Pertarungan Mobile Device
Perangkat mobile telah menyuramkan desktop. Konsumerisasi mendorong tablet m,asuk ke perusahaan . cloud dan mobile saling memperkuat trend. Trend BYOD (Bring Your Own Device) meningkat. Pada tahun 2013 , perangkat mobile akan melewati PC sebagai alat akses web palung umum digunakan.

·        LTE (Long Term Evolution)
LTE merupakan teknologi nirkabel (wireless)berkecepatan tinggi berbasiskan GSM dan UMTS [wiki]. Sederhananya, teknologi ini mempunyai nama yang disebut dengan 4G. seperti kita ketahui sekarang, ada teknologi 3G, 2G, 3.5G (HSDPA) yang popular di masyarakat kita. Teknologi 4G mempunyai banyak keunggulan.

Mungkin masih banyak lagi perkembangan teknologi lainnya yang belum sempat kita bahas, tetapi tak mungkin dipungkiri kemajuan teknologi semakin maju pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar